Ikmal Lukman

Menjaga Komitmen, Bangun Peta Jalan

IKMAL Lukman saat ini menjabat sebagai Sekretaris Kementerian Investasi/Sekretaris Utama Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM).

Di lembaga pemerintah Indonesia yang berfokus pada pengelolaan investasi di Indonesia itu, Ikmal Lukman sudah menghabiskan lebih dari 34 tahun bekerja dengan berbagai pengalamannya.

Salah satu yang pernah digulirkannya adalah peluncuran 12 proyek Peta Peluang Investasi (PPI) senilai Rp52,17 triliun, dengan 10 proyek di antaranya berlokasi di Kalimantan Timur sebagai upaya mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Ada 12 proyek PPI telah siap diluncurkan dalam rangka mendukung pembangunan IKN. Kementerian Investasi selalu siap mendukung kesuksesan IKN dan kami berharap apa yang dibuat hari ini dapat membantu Otorita IKN dalam mempromosikan IKN," jelas Ikmal.

Bersama BKPM, Ikmal Lukman juga merilis peta jalan hilirisasi investasi strategis. Peta jalan ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo untuk mendorong transformasi ekonomi melalui hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam (SDA) di Indonesia.

Ikmal Lukman mengatakan, penyusunan peta jalan ini telah berlangsung sejak Juni 2022 dengan membentuk Kedeputian Hilirisasi Investasi Strategis guna menunjang terealisasinya hilirisasi investasi berkualitas di Indonesia.

“Hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam merupakan salah satu dari lima agenda besar pemerintah Indonesia. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kita didorong untuk bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi nasional yang berkualitas melalui hilirisasi dan industrialisasi,” kata Ikmal.

Ikmal adalah lulusan jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian IPB University pada tahun 1986.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan pasca sarjana dan bergelar MBA in International Business, dari Adam Smith Business School, University of Glasgow, Skotlandia pada tahun 1997.

Usai menyelesaikan studinya di Glasgow, Ikmal diangkat sebagai perwakilan BKPM di Pulau Batam untuk mengelola lebih dari 800 investasi asing langsung yang berlokasi di sana.

Setelah itu ia menjabat sebagai perwakilan BKPM di Belanda, berbasis di Amsterdam, dan melanjutkan sebagai perwakilan BKPM di Los Angeles, Amerika Serikat.

Selanjutnya, Ikmal dipromosikan sebagai Direktur yang bertanggung jawab untuk melakukan promosi investasi kepada investor asing.

Pada 2010 ia diangkat sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan BKPM. Dua tahun kemudian, ia kembali diangkat sebagai Direktur Promosi Sektoral.

Pada 2018, Ikmal Lukman dilantik menjadi Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan Program dan Anggaran (BPPA).

Pria kelahiran 21 Agustus 1963 tersebut lalu dipromosikan sebagai Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal hingga Juni 2020.

Di masa kepemimpinan Bahlil Lahadalia, Ikmal Lukman mendapatkan kepercayaan sebagai Deputi Bidang Promosi Penanaman modal hingga September 2021, kemudian menjadi Sekretaris Kementerian Investasi/BKPM sampai saat ini.

Ikmal sudah menyelesaikan Lokakarya Kelompok Bank Dunia di Washington D.C pada bulan November 2012 dan juga menyelesaikan Program Manajemen Strategis Lembaga Regulator dan Penegakan di Harvard Kennedy School of Government pada September 2015.

Belum lama ini, Kementerian Investasi/BKPM berhasil membangun sistem dengan memberikan kemudahan perizinan penerbitan NIB untuk hampir 1.200 pelaku UMK disabilitas.

Megawali komitmen itu, Ikmal Lukman menyampaikan pemerintah mempermudah perizinan berusaha melalui sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko yang telah terintegrasi dengan Kementerian/Lembaga terkait. Langkah ini diiringi dengan upaya khusus memfasilitasi para pelaku usaha disabilitas. *

Tinggalkan Komentar