Uno Grande Indonesiano
Pemasaran konten khususnya melalui digital marketing, kini banyak diterapkan oleh pelaku bisnis. Munculnya digital marketing dipilih karena menjawab kemajuan teknologi yang semakin canggih dan semua urusan dikerjakan secara digital.
Hal inilah yang akan meningkatkan prospek dari proses pemasaran pada sebuah usaha dan bisnis. Karenanya, penggunaannya dirasa memiliki dampak yang baik dan besar bagi berjalannya usaha serta promosi dari para pelaku usaha.
Tapi, jangan salah pilih. Ketika pelaku bisnis memikirkan strategi pemasarannya, perlu pihak yang betul-betul memahami dunia digital marketing.
Disanalah hadir diciri.co.id melalui perusahaan Diciri Indonesia yang menggeluti strategic leadership, business development, digital marketing & international partner management.
Perusahaan ini terbukti berpengaruh di Indonesia dan Eropa dalam hal "Creation of Brands of Digital Marketing Content & Strategy".
Perusahaan-perusahaan yang ditanganinya juga berskala internasional, seperti Rosebrand, Grup Kalbe (HydroCoco), Telkomsel, O Channel TV, Okky Jelly Drink, Universitas Unisadhuguna dan lain-lain.
Adalah Ponco Pamungkas. Alumni Management Informatika IPB University kelahiran Bogor, 4 Oktober 1986 ini meyakini bahwa teknologi digital mampu menstabilkan ekosistem pemasaran dalam upaya meningkatkan standar ekonomi dan sosial secara global. Keyakinan yang mengantarkan tekadnya merintis perusahaan Diciri Indonesia.
Sebelum mendirikan Perusahaan Diciri Indonesia, pengalamannya di dunia marketing digital bukanlah hal yang baru.
Ponco sempat bekerja di industri broadcast untuk membuat TV Commercial. Setelah 4 tahun, ia dipinang oleh salah satu pemain hebat dari Juventus dan Tim Nasional Italy yaitu Giorgio Chiellini melalui resetgroup srl.
Hubungannya dengan Chiellini terjalin berkat kreativitas Ponco di dunia digital.
“Tiga atau empat bulan setelah membuat akun Twitter @chiellindonesia saya mendapat respon positif dari Chiellini. Eks pemain Livorno itu kemudian mem-follow akun tersebut. Dia memberi beberapa masukan. Hubungan kami semakin dekat. Chiellini pun memberinya nomor ponselnya agar lebih mudah berkomunikasi dengan Whatsapp,” kisah Ponco.
“Saat baru berjalan dua tahun bersama mereka, saya mendapatkan kepercayan tambahan yaitu sebagai Juventus FC on Loan Player Coordinator Personal Assistant untuk mensupport Juventus management dalam rangka pengembangan konten marketing untuk pemain muda di Juventus FC,” cerita Juventini yang ketika kembali ke Indonesia dijemput langsung oleh Chiellini dari hotel dan diantar dengan mobil Jeep miliknya ke bandara.
Sebelum sampai di markas Juventus, Ponco awalnya melangkah ke industri penyiaran yang menjadikan dirinya sebagai creator TV Commercials untuk beberapa perusahaan.
Ponco bekerja bersama tim untuk memenuhi kebutuhan client melalui gagasan dan implementasi produksi mulai dari membuat naskah hingga mengatur post-production. Ponco bertugas untuk mengatur hasil editing, animasi, suara narasi dan pembuatan musik.
Lulus dari IPB University pada 2009, ia sempat masuk di Elfa Music School, salah satu sekolah musik terbaik di Indonesia. Besar di industri musik, sekiar 2005 hingga 2009, Ponco menjadi writer, arranger, producer bahkan pemilik Home Recording.
Salah satu karyanya adalah lagu ‘Uno Grande Giorgio Chiellini’ yang ia buatkan khusus untuk bintang Juventus itu.
Ponco lalu fokus mendalami berbagai pendidikan marketing mulai dari Customers Experience di Markplus Institute, hingga melengkapi ilmunya dengan The Complete Digital Marketing Course di Daragh Walsh, Inbound Marketing Hubspot Academy, Amerika.
Belum lama ini Ponco bersama Diciri Indonesia memperkenalkan pengembangan Metaverse, sebuah platform pertemuan (meeting) secara virtual buatan anak bangsa.
"Sekarang kami sedang membangun lingkungan kerja virtual Metaverse untuk roda ekonomi, ekosistem dan peluang kerja yang lebih luas lagi,” jelas Ponco yang kini bergiat sebagai Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bogor 2021-2026.
Dalam mengembangkan Metaverse, nantinya Diciri akan menggeser meeting atau diskusi online ke Metaverse.
“Nantinya diskusi sesama creators atau dari creators ke client bisa interaksi lebih maksimal dan lebih personalized walaupun secara virtual, target kami akan rampung di 2025,” kata Ponco yang tengah berfokus mengawal beberapa program agar organisasi pengusaha Indonesia tempatnya bergabung itu, semakin berdampak terhadap masyarakat.**