Tedi Kartino

Alumni IPB Si Ahli Mendongeng

Trainer & Pendongeng di Kampung Dongeng Indonesia Alumni IPB Angkatan : 37 (2000) Jurusan/Fakultas : GMSK/FEMA-S1

Pria berusia 33 tahun, Tedi Kartino adalah seseorang yang tidak asing lagi terdengar di dunia pendongeng Indonesia. Berbekal keahliannya mendongeng, Ia terpilih sebagai salah seorang yang lolos seleksi Program ”Menyapa Negeriku” untuk mengajar di daerah terluar Indonesia.

Tidak hanya itu, Ia juga dinobatkan sebagai salah satu inspirator terbaik program tersebut. Tedi Kartino Si Ahli Mendongeng merupakan alumni dari Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) yang lulus tahuh 2005. Pada saat mengikuti program “Menyapa Negeriku” kehadirannya selalu dinantikan oleh siswa-siswi tempatnya bertugas.

Staf Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Pemkot Tegal ini lolos mengikuti seleksi Sarjana Mengajar di Daerah Terpencil, Terluar, dan Terdepan (SM3T). Dalam tes yang diikuti 47.520 sarjana se-Indonesia itu, hanya 44 orang yang lolos seleksi, termasuk Tedi.

Selain itu, dalam evaluasi yang diadakan Kemenristek Dikti, Tedi dinyatakan sebagai Inspirator Terbaik II program ”Menyapa Negeriku” itu. Menurut Tedi, dirinya sadar akan mendapat kesulitan di daerah terpencil yang akan disambanginya. Namun, semangatnya untuk berbakti di SM3T lah yang menjadi penawar dari kesulitan yang akan didapatkannya.

Ia beserta rekan-rekannya juga pernah mendapat tugas berbagi inspirasi dengan anak-anak di daerah Berau. Namun yang terjadi sebaliknya, merekalah yang mendapat banyak inspirasi dari anak-anak tersebut, terutama dalam hal semangat menerima keadaan yang serba terbatas. PNS golongan II-C itu mengagumi semangat anak-anak itu. Setiap hari mereka berangkat dan pulang sekolah menerjang ombak dengan perahu.

”Mereka tak menyerah meski tiap hari harus menantang maut,” ujarnya.

Di sana, Tedi mengajar sambil mendongeng sehingga menarik perhatian murid dan guru. Bertempat di aula SKB Tanjung Redeb, dia juga berbagi ilmu cara mendongeng dan self motivation kepada sekitar 100 guru dan pengajar pendidikan anak usia dini (PAUD).

Sebagai motivator, Ketua Kampung Dongeng Jawa Tengah dan Ketua Trainer Transformer Chapter Jateng- DIY ini juga mengembangkan teori ”do-re-mi” dan self motivation yang menyenangkan bagi anak didik.

Tinggalkan Komentar