Tekad Urip Pambudi Sujarnoko

Dengan Modal Rp 160 Juta, Tekad Urip Sukses Jadi Petani Milenial

Bermodalkan uang Rp 160 juta yang didapat dari program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) Kementerian Pertanian tahun 2015, Tekad Urip Pambudi Sujarnoko, S.Pt, MSi kini berhasil mendulang sukses di usia muda.

Alumni Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University ini mendirikan PT Agro Apis Palacio yang bergerak dalam agribisnis peternakan domba, pakan ternak ruminansia, pakan bebek, dan lain lain.

Pria kelahiran Magetan, 3 November 1990 ini awalnya bergerak di bidang peternakan, catering, peralatan dan jasa penelitian, serta pelatihan peternakan. Usahanya terus berprogres, hingga akhirnya Tekad Urip berhasil memproduksi dan memasarkan pakan ternak ruminansia, pakan bebek, pakan maggot, kendang riset, suplemen pakan burung, hingga susu kambing.

Kini Tekad Urip memiliki omset mencapai Rp 2,76 miliar per tahun. Adapun model pemasaran yang dia dipilih meliputi pemasaran langsung, melalui online, sampai mengembangkan plasma dan kemitraan. Dia mengaku melakukan usaha ini karena sesuai dengan cita-citanya, sesuai dengan ilmunya, serta mendapat dorongan penuh dari orang tua.Selain di Bogor dan Banten, PT Agro Apis Palacio juga memiliki pabrik di Magetan. Lima tahun berjalannya bisnis ini terus berkembang dan sudah memiliki unit usaha lain, seperti farm, pengolahan limbah, dan produksi susu. Bahkan sudah menembus pasar ekspor ke Oman, Somalia.(*) 

Tinggalkan Komentar