Penjaga Nasabah, Pendorong Kinerja
Peningkatan kualitas dan kenyamanan layanan menjadi bagian yang tidak bisa diabaikan dalam dunia perbankan. Testimoni dari nasabah, sebagai bagian dari pilar utama di lembaga keuangan seperti bank adalah salah satu pemicu dalam meningkatkan kualitas layanan.
Demikian pentingnya posisi nasabah bagi Direktur Network and Services BNI Ronny Venir. Ia pun menyampaikan apresiasi secara langsung kepada seluruh nasabah yang setia menggunakan semua produk dan layanan BNI di Hotel Novotel Pekanbaru, belum lama ini.
“Kami berterima kasih kepada seluruh nasabah setia BNI, yang menjadi inspirasi kami dalam berkarya untuk negeri, dan melayani lebih baik lagi,” ungkap pria kelahiran Padang, 4 April 1967 ini.
Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2022 bagi Ronny merupakan momen yang tepat untuk meningkatkan kembali komitmen dalam memberi pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan.
“Tentunya, kami akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik serta menawarkan solusi dan inovasi terbaru untuk menjawab kebutuhan nasabah yang selalu meningkat, menghadirkan total financial solution bagi nasabah, sehingga BNI dapat menjadi bank transaksional pilihan nasabah dan sesuai dengan misi BNI, untuk menjadi lembaga keuangan yang terunggul dalam layanan dan kinerja secara berkelanjutan,” katanya.
Terlebih, saat ini ekonomi berada pada masa pemulihan di mana konsumsi masyarakat perlahan mulai meningkat sehingga mendorong kinerja perusahaan yang lebih baik dibanding masa pandemi 2 tahun lalu.
Karenanya, Harpelnas bagi Ronny merupakan momen yang tepat bagi perseroan untuk mendengarkan langsung kritik, masukan, dan testimoni dari nasabah atas layanan BNI selama ini.
Hal tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi sekaligus menyusun strategi peningkatan kualitas layanan yang tidak hanya berfokus kepada layanan konvensional, namun juga layanan digital BNI.
"BNI akan terus memaksimalkan layanan front end dengan dukungan infrastruktur IT yang handal. BNI juga terus memperluas sinergi dengan berbagai ekosistem untuk meningkatkan minat dan loyalitas masyarakat Indonesia dalam bertransaksi," kata Ronny Venir.
Hal ini sebagai salah satu upaya bagi BNI dalam memberikan kemudahan dan kecepatan layanan kepada nasabah yang akan berdampak langsung terhadap peningkatan volume transaksi dan pertumbuhan bisnis perusahaan.
“Tentunya, BNI ke depan akan terus meningkatkan kapabilitas transaksi sehingga dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para nasabah. Kapabilitas Mobile Banking akan terus ditingkatkan dengan fitur-fitur yang bisa menjawab bahkan melampaui kebutuhan gaya hidup, transaksi, dan investasi masyarakat,” sebut alumni Magister Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University yang lulus pada 2003 itu.
Ronny dinilai tepat menjadi penjaga gawang bank milik pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik sebagai Direktur Jaringan dan Layanan BNI. Ronny bukanlah orang baru di dunia perbankan. Lulus dari SMA Don Bosko Padang, suami dari Diana Anggraeni ini memperoleh gelar Sarjana (S1) Peternakan di Universitas Padjadjaran.
Ia lalu melanjutkan Sarjana (S2) Magister Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB University pada tahun 2000. Ronny berhasil mempertahankan tesisnya berjudul “Analisis Konsumen Implikasinya Terhadap Strategi Pemasaran Kredit Personal "Bank ABC" dan memperoleh gelar pada 2003.
Ronny memulai karier di BNI sejak tahun 1995. Kariernya terus membaik ketika ditunjuk sebagai Pemimpin Wilayah Padang PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk pada (2016). Lalu ia beralih tugas sebagai Pemimpin Wilayah Jakarta Kota PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk pada 2017.
Setahun kemudian, pada 2018 Ronny diangkat sebagai Pemimpin Divisi Bisnis Usaha Kecil PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Ia lalu menjadi Senior Executive Vice President (SEVP) Bisnis Menengah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (2018), kemudian menjadi SEVP Jaringan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sejak 2019.
Ronny Venir juga berhasil memperoleh Sertifikasi Manajemen Risiko Level 5, yang diselenggarakan oleh Badan Sertifikasi Manajemen Risiko pada tanggal 17 Juli 2019.
Berkat peran dan layanan seluruh jajaran, BNI pun diganjar sejumlah penghargaan. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) meraih penghargaan layanan E-Banking terbaik 1st Overall E-Banking dan 1st Phone Banking di industri perbankan nasional dari Marketing Research Indonesia (MRI) dan Majalah Infobank di ajang “19th Banking Service Excellence Awards 2022”.
Penghargaan ini diserahkan sebagai bentuk apresiasi karena BNI dinilai paling berhasil dalam melakukan shifting dari layanan konvensional ke layanan digital dan melakukan lompatan jauh ke depan dalam pengembangan jaringan e-banking.
Ronny menambahkan BNI proaktif meningkatkan kapasitas dan kapabilitas layanan dalam mendorong dan mengembangkan solusi digital bagi para nasabah. Semakin banyaknya fitur dan layanan yang bisa dimanfaatkan nasabah lewat Super App Ecosystem BNI Mobile Banking, membuat layanan ini semakin menjadi favorit nasabah.
"Kami juga dapat berbangga bahwa, BNI Mobile Banking juga menempati peringkat 1 Mobile Banking Application di Google Play Store,” katanya. Ronny pun menambahkan penguatan ekosistem digital tetap berlanjut di tahun selanjutnya. ***