Iriana Ekasari Muadz

Perempuan Hebat Ahli Marketing

Mantan Dirut PT Kharisma Pemasaran Bersama Alumni IPB Angkatan : 20 (1983) Jurusan/Fakultas : FAPERTA-S1

Emansipasi wanita ialah istilah yang digunakan untuk menjelaskan sejumlah usaha untuk mendapatkan hak politik maupun persamaan derajat antara laki-laki dan perempuan. Hadirnya perempuan di ranah publik dewasa ini yang juga menempati posisi-posisi strategis membuktikan bahwa perempuan memiliki kapasitas yang sama dengan laki-laki.

Iriana Ekasari Muadz merupakan salah satu contoh tokoh perempuan yang karirnya dalam dunia profesional khusunya bidang pemasaran (marketing) tidak dapat diragukan lagi. Ia telah dipercaya menempati beberapa posisi straegis di perusahaan terkemuka dengan kompetensi Brand Strategy Development and Advertising.

Iriana merupakan salah satu alumni kebanggaan Institut Pertanian Bogor. Setelah lulus IPB pada tahun 1987 Iriana memulai karir di perusahaan perkebunan sawit PT. Sadang Mas dan mengabdi di sana hingga tahun 1990.

“Tahun-tahun berikutnya saya mengembangkan karir hingga mencapai posisi manajemen puncak di bidang pemasaran brand-brand perusahaan fast moving consumer group.” Ujar Iriana.

Beberapa posisi strategis yang sempat ia tempati antara lain ; General Marketing New Business PT Unilever Indonesia (2002-2004), Marketing & Sales Direktor PT Bintang Toedjoe (2004-2006), Marketing Director PT Heinz ABC Indonesia (2006-2009), Marketing Director PT ICI Paints Indonesia (2009- 2011), Direktur Utama PT Matranet (Ecommerce, Digital Business) (2011- 2012), Regional Marketing Director Akzonobel South East Asia Pasific (2012- 2013), Setelah sekian lama malang melintang di dunia pemasaran, Iriana memutuskan untuk “pensiun dini”.

Jabatan terakhirnya yakni Direktur Utama sebuah anak perusahaan BUMN yakni PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN). Kesuksesan dalam karirnya tersebut karena Ia memiliki prinsip dalam bekerja, yakni integrity, profesional, fairness, dan empower others.

Pada tahun 2013, Iriana mendirikan perusahaan sendiri yang bernama PT Grice Total Konsultama yang bergerak di bidang konsultan manajemen di bidang pemasaran, brand developing modelling, riset pemasaran, dan pelatihan pemasaran. Alumni Fakultas Pertanian angkatan 20 ini juga aktif di organisai Himpunan Alumni IPB. Pada kepengurusan DPP HA IPB 2013-2017 Ia sempat menjadi Anggota Dewan Pakar dan Anggota Dewan Pembina.

Berorgaisasi juga merupakan hobi dari Iriana. Semasa kuliah Ia aktif di berbagai organisasi di kampus, salah satunya Himpunan Mahasiswa Agronomi dan Hortikultura (HIMAGRON) Fakultas Pertanian IPB. Perempuan asal Sumatera Utara ini juga menulis buku dengan judul “Brand Manager Essentials-1: Best Practice Brand Management”.

Buku ini berisi panduan teknis operasional brand manager, diperuntukkan juga bagi level pimpinan perusahaan untuk memahami tanggung jawab, wewenang, dan tugas-tugas utama seorang brand manager sehingga seorang brand manager dapat dioptimalkan kontribusinya selaras dengan keinginan dan besarnya investasi perusahaan dalam membangun brand.

Tinggalkan Komentar