Dina Yuliana

Jadi Peneliti di Lembaga Riset Sains Paling Bergengsi di Australia

Sejak kecil, Dina Yuliana, S.Pt., M.Sc.,PhD sudah mulai tertarik pada dunia pohon dan tanaman, hingga ia pun bercita-cita untuk kuliah di IPB University. Beruntung, keinginannya itu tercapai. Dina mulai berkuliah di Fakultas Pertanian jurusan Agrikultur  pada 1989 dan lulus tahun 1994. Saat ini, ia menjadi Peneliti Bioteknologi Tanaman di Lembaga Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSRIO). Ia memulai karirnya sebagai Peneliti di CSRIO sejak 2011.

Setelah menimba ilmu di IPB Univeristy Dina melanjutkan studinya tahun 1996 di Institut Teknolgi Bandung (ITB) mengambil jurusan Fisiologi Tanaman. Ia menyelesaikan studi S2-nya tahun 1998. Dengan kegigihan yang dimiliki, ia melanjutkan studi S3 di School of Botany University of Melbourne Australia mengambil studi ilmu botani atau Botany/Plant Biology. Ia menginjakan kakinya di sana untuk mencapai gelar doktornya sejak tahun 2002 hingga lulus di tahun 2006.

Dina berhasil menjadi seorang Peneliti di CSIRO yang merupakan lembaga riset sains nasional yang paling bergengsi dan terpandang di Australia. Ia merupakan seorang pakar dinding sel pohon dan tanaman yang meriset dan berusaha untuk bisa menghasilkan tanaman kapas yang tahan akan hama dan penyakit. 

Alasan Dina tertarik pada tanaman dilatarbelakangi dari pandangannya bahwa tanaman dan pepohonan adalah satu-satunya organisme besar dunia yang memiliki klorofil. Tanaman yang merupakan makhluk hidup yang bisa memasak makanannya sendiri dari bahan mineral yang ada di tanah dan udara ini membuatnya kagum dan tertarik akan dunia pertanaman.

Selain sangat tertarik pada dunia tanaman, ia juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Pada Desember 2014 hingga 2016, ia pernah bergabung sebagai relawan layanan krisis kekerasan dalam rumah tangga. Rasa empatinya yang besar ini juga membuatnya bergabung sebagai relawan donor darah di Australian Red Cross sejak Desember 2012 hingga sekarang. 

Dina juga pernah menjadi relawan di Best Dressed Store yang merupakan bagian dari kegiatan Program Sosial Komunitas. Sejak Maret 2011, alumni IPB University ini berhasil menjadi perwakilan dan mengharumkan nama almamater sekaligus negara sebagai Peneliti di CSRIO.(*)

Tinggalkan Komentar