Anita Firmanti Eko Susetyowati

Target Hidup Saya: “Ingin Bermanfaat untuk Masyarakat”

Alumni IPB yang satu ini memiliki karir cemerlang di lembaga pemerintahan Indonesia. Dia adalah  Prof. (R). Dr. Ir. Anita Firmanti Eko Susetyowati, MT. Wanita yang lahir di Pasuruan, 15 Juni 1960 ini, tengah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia.

Anita menamatkan pendidikan sarjananya di Fakultas Kehutanan, IPB University tahun 1982. Dia menyebut, target hidupnya adalah ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, khususnya masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Selain itu, memberikan kontribusi sesuai disiplin ilmu. Misalnya menciptakan bahan bangunan murah, berkualitas, sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan bisa diterapkan di daerah rawan gempa.

Obsesi lainnya adalah membawa institusi litbang menjadi sentra inovasi dan prime mover atau penggerak mula serta scientific backbone dari satu kegiatan pembangunan, baik itu pembangunan infrastruktur atau sektor lainnya. Menurutnya, Indonesia kaya sumber daya alam, lengkap dengan ketersediaan local wisdom. Sayangnya, negara ini belum mampu memiliki daya saing tinggi. 

Ada hal-hal yang perlu dikembangkan terus sehingga kita tidak menjadi bangsa yang membebek pada negara-negara maju lainnya. Bahkan, kita bisa unggul ketimbang mereka. Hanya, keterbatasan riset, minimnya inovasi dan malasnya bergerak menjadi kendala besar yang menghalangi kemajuan. 

Anita merupakan tipe pemimpin yang ingin maju bersama anak buah. Ia mengharuskan bawahannya mengenyam pendidikan lebih tinggi. Kalau perlu sekolah doktor bahkan profesor riset. Supaya mereka memiliki kompetensi dan kapasitas yang mumpuni. 

Namun, keinginan menyekolahkan anak-anak buahnya ini bukan tanpa masalah. Keluhan sering datang dari anggotanya yang kehilangan anggota tim untuk bersekolah. Akibatnya target pekerjaan yang ditetapkan belum bisa tercapai. 

Pada tahun 1978, Anita menempuh pendidikan di Fakultas Kehutanan IPB hingga lulus tahun 1982 dengan skripsi berjudul Sifat Fisis-mekanis Kayu Lapis Struktural Meranti (Shorea sp.). Kemudian tahun 1998, ia memperoleh gelar Master of Technology dari Program Studi Pembangunan, Institut Teknologi Bandung dengan thesis berjudul Pemilahan Kayu Secara Masinal Untuk Penyediaan Kayu Bermutu Konstruksi. 

Selanjutnya, pada tahun 2001 ia mulai mengikuti program JSPS Ronpaku di Faculty of Agriculture, Kyoto University, Jepang. Dari sana, ia memperoleh gelar doktor pada tahun 2005 dengan disertasi berjudul Fire Endurance of The Graded Timber and Wood Based Panels from Fast-Growing Species di bawah bimbingan Prof. Suichi Kawai.(*)

Karir:

•          Peneliti Utama Balai Bahan Bangunan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman, Balitbang Kementerian PU Tahun 2009

•          Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman, Balitbang Kementerian PU tahun 2010

•          Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian PUPR Tahun 2015

•          Sekretaris Jenderal, Kementerian PUPR 2017 – sekarang.

Tinggalkan Komentar