Meningkatkan Kecakapan Digital di Dunia Bisnis
Dr. Agus Masrianto, S.Si, MM., merupakan seorang yang ahli dalam dunia digital marketing yang telah menorehkan banyak prestasi dalam karir akademis dan profesionalnya.
Penulis buku “Get Ahead of The Competition: Build Your Company’s Digital Marketing Capability” ini telah memberikan kontribusi signifikan dalam mengembangkan kemampuan digital marketing perusahaan-perusahaan di Indonesia.
Agus meraih gelar Sarjana Statistika dari FMIPA IPB University pada tahun 1998. Keinginannya untuk terus berkembang membawanya meraih gelar Magister Manajemen dari Pascasarjana Universitas Mercu Buana (UMB) pada tahun 2008.
Semangat belajar yang tak pernah padam ini berlanjut hingga ia meraih gelar Doktor Manajemen dan Bisnis dari Sekolah Bisnis IPB University pada tahun 2022.
Karier Dr. Agus dimulai pada tahun 2000 di MetroTV- Media Group Network (MGN). Selama berkarier di MGN, ia menjabat dalam berbagai posisi strategis, seperti Assistant to CMO MGN, Assistant to CEO MGN, General Manager Marketing, Sales And Marketing Analyst Head, dan Deputy General Manager Sales Media.
Sebelum bergabung dengan MGN, Agus telah mengumpulkan pengalaman berharga sebagai media researcher di biro iklan Mindshare, tenaga analis pada Program Aksi Pemberdayaan Petani (Proksidatani) IPB University, dan information technology officer di Astra Federal Motor.
Selain berkarier, Dr. Agus juga aktif sebagai Dosen Magister Manajemen di Sekolah Bisnis IPB University. Ia merupakan anggota Asian Association of Consumer Interest and Marketing (AACIM) dan Forum Doktor Bisnis Indonesia (FORDOBI).
Kontribusinya dalam bidang akademis tercermin dari berbagai publikasi ilmiah yang telah diterbitkannya, termasuk di Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity dan International Journal of Technology. Agus juga sering menjadi pembicara dalam seminar dan konferensi nasional serta internasional.
Dr. Agus berkontribusi dalam membangun model penelitian untuk meningkatkan kemampuan digital marketing perusahaan berdasarkan kesiapan ekosistem inovasi, adopsi digital marketing, dan transformasi digital.
Ia juga membantu merumuskan indeks pemanfaatan digital marketing untuk mengukur tingkat pemanfaatan digital marketing oleh perusahaan dan memetakan kelompok perusahaan di Indonesia berdasarkan indeks ini.
Dedikasi dan kontribusi Dr. Agus dalam dunia akademis dan bisnis mengantarkannya meraih gelar lulusan terbaik Program Doktor Sekolah Bisnis IPB University pada Wisuda Tahap III Tahun Ajaran 2022/2023.
Ia meyakini bahwa Kurikulum Program Doktor Manajemen dan Bisnis IPB mampu menjadikan mahasiswanya lebih tangguh dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan bisnis.
“Kurikulum Program Doktor Manajemen dan Bisnis IPB memampukan mahasiswanya menjadi lebih powerful agile learner, karena memberikan fondasi yang kokoh kepada mahasiswa untuk mampu beradaptasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan bisnis. Semoga ilmu yang saya dapatkan akan bermanfaat bagi diri saya, bagi perusahaan, dan masyarakat luas,” ujarnya.